
Garut, 30 September 2025 – LPTK Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut menggelar kegiatan Orientasi Mahasiswa PPG Guru Tertentu Tahap III Tahun 2025. Sebanyak 612 mahasiswa resmi mengikuti kegiatan ini, terdiri dari 140 mahasiswa bidang studi Bahasa Indonesia, 142 mahasiswa bidang studi Bahasa Inggris, 52 mahasiswa bidang studi Matematika, dan 278 mahasiswa bidang studi Pendidikan Pancasila.
Orientasi menjadi gerbang awal sebelum peserta memasuki perkuliahan penuh melalui Learning Management System (LMS) GTK, sekaligus membekali mereka dengan pemahaman terkait regulasi, visi program, dan ekspektasi akademik yang akan ditempuh selama PPG.
Acara ini dihadiri oleh Rektor IPI Garut, Prof. Dr. Nizar Alam Hamdani, M.M., M.T., M.Si., M.Kom., didampingi Wakil Rektor I, Dr. Galih Abdul Fatah Maulani, M.Kom., serta Koordinator PPG, Dr. Irsyad Nugraha, M.Pd.. Turut hadir para pemateri, yaitu Ibu Atin Kartinah, M.Pd., Bapak Asep Suparman, M.Pd., dan Bapak Muhamad Fathur Fawaz, M.Kom.
Dalam sambutan pembukaan, pimpinan kampus menegaskan bahwa orientasi bukan sekadar perkenalan, melainkan proses penting untuk menyamakan persepsi antara mahasiswa, dosen, dan penyelenggara. “Melalui orientasi, mahasiswa diperkenalkan pada visi PPG, tata aturan akademik, serta capaian kinerja yang harus dicapai,” tegas Rektor.
Sejumlah materi utama disampaikan dalam kegiatan ini, meliputi:
- Penggunaan platform digital pembelajaran, khususnya LMS GTK dan platform daring pendukung perkuliahan.
- Pengenalan penelitian dalam dunia pendidikan (Research-Based Pedagogy) sebagai pendekatan akademik yang memperkuat praktik mengajar.
- Pembelajaran mendalam (Deep Learning) yang menekankan pada pemahaman konsep secara komprehensif dan aplikatif.
Selain itu, mahasiswa juga memperoleh pembekalan soft skills berupa motivasi untuk membangun portofolio akademik, manajemen waktu, serta pengelolaan refleksi pembelajaran berkelanjutan.
IPI Garut berharap orientasi ini menjadi bekal penting agar mahasiswa lebih cepat beradaptasi dengan ritme akademik PPG dan membangun jejaring profesional. Dengan dukungan penuh dari institusi, dosen, dan guru pamong, PPG Guru Tertentu Tahap III ditargetkan melahirkan guru-guru profesional yang berintegritas, adaptif, dan inspiratif.